Manfaat tanaman herbal JAHE

Kontributor : Hana Mahasiswa ARS

Manfaat tanaman herbal JAHE – Berdiskusi mengenai jahe, sebenarnya enggak hanya menyoal bumbu dapur saja. Karena semenjak berabad- abad lamanya, tumbuhan herbal ini telah dimanfaatkan untuk menanggulangi bermacam permasalahan kesehatan.

Jahe masuk dalam anggota Zingiberanceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tumbuhan herbal lain. Contohnya, kencur, kunyit, serta lengkuas. Pertanyaanya, apa sih khasiat jahe apabila dikonsumsi secara teratur?

Khasiat jahe bukan hanya sebagai tanaman yang dapat menghangatkan badan saja. Jahe ialah tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Tumbuhan jahe ini kemudian menyebar ke bermacam negeri. Populer karna aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus penyembuhan alternatif di Tiongkok, India, sampai Timur Tengah. Disaat memilah jahe terutama bila ingin Kalian pakai untuk penyembuhan, Kalian bisa memilah jahe yang masih fresh, strukturnya kuat, halus, serta tidak berjamur. Apa saja khasiat jahe yang dapat Kalian miliki untuk kesehatan?

Jahe fresh mempunyai rasa yang lebih kuat bila dibanding dengan jahe bubuk, isi gingerol yang baik bagi kesehatan serta masih banyak terdapat pada khasiat jahe segar. Untuk memanfaatkan jahe segar, Kalian bisa menggabungkan jahe dengan masakan semacam masakan olahan seafood, topping salad, serta kombinasi smoothies ataupun juice Kalian.

Tetapi bila memilih jahe dalam wujud bubuk, yakinkan Kalian memilih bubuk jahe yang masih murni. Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran umumnya telah memiliki tambahan gula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat serta disimpan di tempat yang kering, gelap, dan tidak pengap ataupun panas.

1. Mengurangi Glukosa Darah hingga Kolesterol

Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health- mengenai manfaat jahe, teratur mengkonsumsi jahe juga mampu merendahkan glukosa darah secara signifikan. Tidak hanya itu, mengkonsumsi jahe secara rutin pula dapat merendahkan kolesterol LDL( lemak jahat), trigserida, sekaligus meningkatkan HLD( lemak baik).

2. Menanggulangi permasalahan pencernaan

Khasiat jahe mempunyai sejarah panjang dalam menanggulangi permasalahan terkait pencernaan. Diketahui dari generasi ke generasi, jahe ialah salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berperan untuk meredakan indikasi iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, menghindari terjadinya kontraksi pada perut, sampai membantu pergerakan makanan serta minuman sepanjang berada di pencernaan. Jahe pula disebut sebagai carminative, suatu substansi yang bisa membantu mengeluarkan gas berlebih yang terdapat di sistem pencernaan Kalian. Permasalahan pencernaan semacam kolik serta dispepsia bisa diatasi dengan jahe.

3. Menguatkan Sistem Imun

Ingin sistem imun senantiasa prima? Gampang kok, mengkonsumsi saja jahe secara teratur. Jahe banyak memiliki vit C serta magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk menguatkan sistem imun. Tidak hanya kedua zat tersebut, jahe pula mempunyai kandungan gingerols, shogaols, serta zingerones yang bisa berperan selaku antioksidan untuk badan.

4. Meredakan Sakit Otot

Khasiat minum jahe secara teratur juga dapat membantu kita untuk meredakan sakit otot. Menurut riset dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe mempunyai efek antiperadangan yang juga efektif mengurangi sakit otot.

Dalam riset itu, para pakar melangsungkan studi terhadap 74 orang untuk mengadakan beberapa jenis latihan. Subjek riset tersebut dipecah jadi 2 kelompok, yakni kelompok yang diberi suplemen jahe serta kelompok yang hanya diberi kapsul mengandung gula.

Hasilnya? Nyatanya, rasa sakit perih otot sehabis pascaolahraga pada kelompok awal, lebih ringan 25 persen dibanding kelompok kedua.

5. Menunjang proses detoksifikasi serta menghindari penyakit kulit

Jahe ialah salah satu tipe makanan yang disebut diaphoretic, khasiat jahe juga bisa merangsang keluarnya keringat. Pengeluaran keringat berguna untuk Kalian terutama dikala Kalian tengah demam ataupun flu. Tidak hanya membantu proses detoksifikasi, berkeringat pula nyatanya bisa melindungi Kalian dari mikroorganisme yang bisa menimbulkan peradangan pada kulit. Para pakar mempelajari sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat serta berperan melindungi tubuh dari kuman semacam E. coli, staphylococcus aureus, dan jamur yang bisa menimbulkan penyakit kulit. Manfaat tanaman herbal JAHE

6. Antipenuaan serta Kanker

Jahe bersifat anti- inflamasi serta anti- oksidatif yang dapat mengendalikan proses penuaan. Khasiat jahe yang lain, tumbuhan herbal ini pula mempunyai kemampuan antimikroba yang bisa menolong dalam menyembuhkan penyakit menular. Apalagi, khasiat jahe disebut- sebut bisa menghindari bermacam kanker.

Akan tetapi, terdapat satu hal yang mesti digarisbawahi. Menurut jurnal di atas, walaupun kemampuan antikanker jahe sudah terdokumentasi dengan baik, khasiat jahe terhadap kanker masih memerlukan riset lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjurannya.

Informasi kesehatan ini sudah Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum

You may also like...

1 Response

  1. Paket Tour Jogja says:

    Jahe memang memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk lebih meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *