MANFAAT MENTIMUN atau KETIMUN

Kontributor : Adhien Kenya

Mentimun( Cucumin sativus L) termasuk kalangan buah sejenis dengan melon serta labu. Tidak hanya diketahui sebagai makanan, buah ini pula terkenal dalam pengobatan tradisional di India. Salah satunya untuk perawatan kecantikan, semacam menyingkirkan area kulit sekitar mata yang menghitam( mata panda) serta mengurangi pembengkakan. Ketimun mempunyai beberapa khasiat untuk tubuh, di antara lain dapat mencegah kehilangan cairan tubuh serta baik untuk kulit. Tidak hanya memiliki banyak air, tanaman ini pula memiliki vit, mineral, serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Melihat banyaknya kandungan gizi yang dapat didapat dari sepotong ketimun, mulai saat ini jangan lagi abaikan kehadirannya di piring sebab kandungannya sangat berarti untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Khasiat ketimun begitu banyak. Di antara lain, sayuran ini kaya akan beta karoten, mangan, vit C, dan beberapa antioksidan flavonoid yang bisa mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa mengundang beberapa penyakit, semacam penyakit jantung, diabet, penurunan daya penglihatan, dan penyakit Alzheimer.

Resiko terserang radikal bebas dapat meningkat apabila terkena paparan polusi, asap rokok, dan cahaya matahari. Begitu pula pada saat tengah olahraga. Sehingga, penting untuk komsumsi buah serta sayur yang kaya antioksidan, semacam ketimun.

Tidak hanya itu, kandungan cucurbitacin serta lignan pada ketimun bisa membantu melindungi tubuh dari kanker. Suatu riset mendapatkan, salah satu khasiat ketimun tampaknya dapat menghambat perkembangan kanker prostat, sebab mempunyai kandungan flavonoid fisetin.

masih terdapat bermacam- macam khasiat ketimun yang dapat Kalian dapatkan, antara lain:

1. Mentimun kaya dengan antioksidan, seperti cucurbitacins, vitexin, orientin serta isoscoparin. Dikutip dari halaman Huffpost, Gregory Nikolaidis, seseorang dokter kulit di Austin bahwa nutrisi dari mentimun tersebut bisa meringankan pembengkakan serta lingkaran gelap di mata.

2. Mengurangi tekanan darah

Meminum infused water ketimun juga bisa membantu mengurangi tekanan darah, sebab ketimun memiliki kalium yang bisa mengendalikan jumlah garam pada ginjal.

3. Mentimun pula mempunyai kandungan vit C, vit K, serta asam folat. Vit C bisa membangun kulit dengan memicu perkembangan sel baru. Semantara vit K bisa mengurangi perubahan warna mata yang mengakibatkan lingkaran hitam. Kemudian, asam folat memicu antioksidan melawan racun ataupun infeksi yang menimbulkan pembengkakan.

4. Menolong mengurangi berat badan

Apabila Kalian berupaya mengurangi berat badan, maka mulai saat ini kurangi minum minuman bergula serta soda, ubah dengan juice ataupun air mentimun untuk membantu Kalian mengurangi kalori tubuh Kalian.

5. Mencegah dehidrasi

Mayoritas orang minum 6 sampai 8 gelas air per hari dengan tujuan supaya tubuh bisa berfungsi dengan baik. Namun bila Kalian merasa bosan dengan air putih, Kalian dapat memasukkan potongan ketimun ke dalam air untuk membuat infused water, yang akan membagikan tambahan rasa serta mendorong Kalian buat minum lebih banyak.

6. Mentimun masuk ke dalam jajaran buah yang memiliki banyak air. Oleh sebab itu, mentimun bisa melembapkan area bawah mata serta mengembalikan kelenturan alami kulit sehingga berpotensi menghindari keriput.

7. Menjaga kulit

Apabila kulit berjerawat, Kalian bisa mengkonsumsi ketimun ataupun memakai masker ketimun. Ketimun memiliki vit B5( asam pantotenat), yang kerap digunakan untuk melenyapkan jerawat.

8. Mentimun mempunyai efek dingin bila ditempelkan pada kulit. Terlebih bila disajikan dalam kondisi dingin, efeknya bisa menyegarkan kulit serta mencegah penimbunan cairan Di samping itu, irisan ketimun juga membantu mengurangi kantung mata karna mempunyai kandungan asam kafeat serta kaya hendak air.di dekat kantung mata. Efek dingin dari timun tersebut juga bisa meringankan pembengkakan seperti kompres air dingin.

9. Ketimun juga bisa menyehatkan tulang. Menurut riset, kandungan vit K dalam ketimun dinilai bisa menyehatkan tulang sebab membantu membentuk protein yang diperlukan tulang. MANFAAT MENTIMUN atau KETIMUN

Ditinjau oleh: dr. Allert Benedicto Ieuan Noya

Direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus – Dokter Umum

Referensi

Harvard School of Public Health. Sparkling Iced Tea with Lemon, Cucumber and Mint

Butler, N. Healthline (2017). 7 Benefits of Cucumber Water: Stay Hydrated and Healthy

Thompson, C. Web MD (2014). Cucumbers: 9 Things You Didn’t Know

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *