OBATI VIRUS FLU SECARA ALAMI

Virus Flu membuat Kalian sulit bernapas lega, kerongkongan gatal, hidung meler ataupun tersumbat, bersin- bersin, sampai mata yang terus berair. Walaupun memanglah bukan penyakit beresiko, indikasi flu yang tidak diatasi dapat mengacaukan kegiatan.

Sakit flu yang ditandai dengan batuk serta pilek menjadi penyakit yang sangat banyak dialami oleh manusia. Hal ini sangat erat kaitannya dengan musim ataupun cuaca. Satu orang dapat mengalaminya berulang kali dalam setahun.

Yakin ataupun tidak, di antara tanda- tanda flu yang bagi Kalian mengganggu sesungguhnya ialah proses pengobatan alami serta tidak perlu diatasi, apalagi itu mrupakan fakta kalau sistem imunitas tubuh tengah melawan penyakit.

Tanda- tanda yang dimaskud antara lain:

Demam merupakan kiat tubuh untuk membunuh virus dengan menghasilkan area yang lebih panas dari normal supaya virus tidak betah. Tidak hanya itu, badan yang panas akan membuat protein serta sel- sel daya tahan tubuh pembunuh bakteri dalam darah menjadi lebih cepat tersebar serta bekerja lebih efisien. Jadi, bila demam yang ringan- sedang dipertahankan satu ataupun 2 hari, malah akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat.

  • Batuk, indikasi ini akan membersihkan saluran respirasi dari lendir tebal yang bisa membawa bakteri ke paru- paru serta ke seluruh tubuh.
  • Pilek serta Hidung tersumbat, hal ini terjadi kala aliran darah pada wilayah hidung meningkat sekresipun melonjak( pengeluaran lendir). Aliran darah yang meningkat bisa menghangatkan wilayah yang terinfeksi serta membantu sekresi membawa bakteri keluar dari tubuh.

Terdapat banyak opsi obat flu alami serta tradisional yang telah dipercaya semenjak ribuan tahun lalu. Berikut ini beberapa opsi obat flu tradisional yang dapat Kalian coba untuk meredakan gejala flu.

1. Minum Cairan Hangat

Pada saat terkena flu batuk pilek sangat dianjurkan mengkonsumsi hidangan serta minuman yang hangat. Cairan hangat bisa meredakan hidung tersumbat, menghindari kehilangan cairan tubuh, serta menenangkan membran yang meradang yang membalut hidung serta kerongkongan.

2. Jahe

Tidak hanya buat memasak, jahe nyatanya juga berpotensi jadi obat pilek alami buat keluarga di rumah. Terlebih, kemampuan rempah pedas hangat satu ini telah diketahui semenjak ribuan tahu lalu.

Jahe efektif melemaskan otot saluran respirasi untuk menyejukkan hidung tersumbat sehingga Kalian jadi lebih mudah bernapas. Jahe pula mencegah rasa mual akibat terus- terusan buang ingus ataupun dahak, serta mengembalikan energi dikala tengah tidak enak badan karna pilek. Tidak berhenti di situ. Rempah pedas ini pula merangsang sistem imun tubuh bekerja lebih efektif mempercepat proses pemulihan penyakit.

Sebagai obat pilek alami, cukup racik wedang jahe simpel di rumah. Siapkan satu ataupun 2 ruas jahe ukuran sedang serta cuci hingga bersih. Jahe yang telah bersih setelah itu digeprek ataupun diparut, kemudian direbus hingga mendidih. Saring air rebusan jahe tersebut serta minum selagi hangat. Kalian dapat menambahkan perasan lemon, madu, ataupun larutan gula merah agar air jahe lebih lezat dinikmati.

3. Minyak kayu putih

Setetes kecil minyak kayu putih ataupun salep mentol yang dibalurkan di dasar hidung bisa menolong membuka saluran pernafasan. Menthol, eucalyptus, serta minyak kayu putih semua memiliki bahan pati rasa ringan yang bisa membantu meringankan rasa sakit dalam hidung.

Tetapi, ingat! jangan oleskan terlalu tebal serta jangan mengolesnya di dalam rongga hidung.

4. Sup ayam dengan bawang putih

Banyak orang tidak tahu kalau bawang putih dapat dijadikan obat pilek alami. Catatan sejarah mencatat kalau penduduk pada era Mesir, Yunani, serta Cina Kuno telah memakai bawang putih sebagai obat untuk bermacam berbagai penyakit. Termasuk flu serta pilek.

Suatu riset dalam jurnal Clinical Nutrition tahun 2012 memberi tahu vit C serta senyawa allicin dalam bawang putih membantu menguatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan bakteri penyakit. Sedangkan itu, vit C pula membantu mempercepat proses pengobatan penyakitnya.

Khasiat bawang putih sebagai obat pilek alami sangat terasa ampuh bila dimakan mentah. Tetapi bila enggan mengunyah mentah- mentah, Kalian dapat menumis ataupun mencacah bawang putih untuk dicampur dalam masakan hari- hari.

Salah satu metode komsumsi bawang putih yang sangat gampang ialah dengan mengolahnya sebagai sup ayam. Ayam dan bawang putih dapat jadi paduan yang sangat pas untuk mengobati pilek. Karena dalam daging ayam ada pula zat yang disebut carnosine yang membantu mengurangi indikasi pilek. Tidak hanya itu, uap hangat dari sup ayam juga membantu menyejukkan hidung yang sedang tersumbat.

5. Daun mint

Obat pilek alami yang dapat Kalian coba berikutnya merupakan daun mint. Daun yang memiliki aroma pedas dingin menyegarkan ini kerap digunakan pada makanan serta minuman, atau bahkan racikan minyak pijat. Tetapi, potensinya untuk meredakan pilek pula tidak boleh disepelekan.

Ekstrak daun minit dikenal mempunyai metode kerja yang mirip semacam obat dekongestan untuk menolong mencairkan lendir pemicu hidung mampet. Sensasi hangat dari menthol pula berperan melancarkan aliran udara dalam saluran respirasi. Tidak heran bila mayoritas obat pilek serta flu di pasaran memiliki ekstrak mentol daun mint.

Beberapa bahan makanan sederhana di atas bisa menyembuhkan flu batuk pilek dengan efektif serta aman. Tetapi Ingat, kondisi serius, seperti peradangan sinus, bronkitis, meningitis, radang kerongkongan, serta asma, dapat terlihat semacam flu biasa.

Bila Kalian mempunyai tanda- tanda yang berat ataupun indikasi yang tidak kunjung membaik, hubungi dokter segera.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum

Ditinjau oleh DR SCIENTIA INUKIRANA

REFERENSI :

12 Home Remedies for the Cold: Nasal Spray, Steam, & More. WebMD. (https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/cold-remedies)

10 Tips for How to Get Rid of a Cold Fast & the Science Behind Them. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-a-cold-fast)

The best home remedies for cold and flu. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324607.php)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *